Membuat Web Sederhana Menggunakan HTML

Kali ini penulis akan coba menjelaskan tentang bagaimana cara membuat website yang sederhana dengan berbasis localhost.
langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Persiapkan macam aplikasi yang dibutuhkan, seperti XAMPP dan Notepad++/Dreamweaver. Instal lah aplikasi tersebut, apabila anda belum memiliki aplikasi diatas, anda bisa klik disini untuk download XAMPP dan disini untuk download Notepad++ . 

2. Setelah anda instal kedua aplikasi tersebut, buka aplikasi Notepad++.

3. Buat lembar kerja baru, dengan memilih File => New. Atau bisa dengan menekan tombol Ctrl+N. Dan atau bisa pula memilih icon New yang ada di menubar.


4. Agar mempermudah dalam pembuatan, alangkah baiknya kita save terlebih dahulu sebelum mengerjakan, dengan memilih File => Save As . "INI ADALAH LANGKAH PALING PENTING DIMANA KITA MELETAKAN FILE DIDALAM FOLDER HTDOC, IKUTI INSTRUKSI PENEMPATAN FILE DIAWAH INI".\

Pilih folder Localdisk C => Xampp => Htdoc => Buat folder sesuai keinginan anda : misal "Web" => Simpan dengan nama sesuai keinginan anda : misal "Latihan" => Save as Type ganti dengan "Hyper Text Markup Language File" => Klik Save.



5. Setelah selesai melakukan proses penyimpanan isikan beberapa souce code sederhana berikut pada lembar kerja Notepad anda :

<html>
<head>
<title>Latihan</title>
</head>
<body>
Hello World! Ini web pertamaku !
</body>
</html>


6. Setelah selesai Save file tersebut.

7. Kemudian Buka aplikasi XAMPP, dan Pilih "Start" pada Apache.

8. Buka Browser tuliskan Localhost/Web/Latihan.html.

9. Hasil akhir akan muncul tampilan sebagai berikut :


10. Selesai, Semoga Bermanfaat :)

Related Posts